Kamis, 16 Juni 2016

Makanan khas

hai semua…kali ini aku akan memperkenalkan makanan khas dari kotaku tercinta yaitu Blora
jangan ngiler ya teman-teman….
check this out…
1. Soto Blora
5 Makanan Khas Blora, Jawa Tengah

Soto blora ini beda dari soto yang lain, dengan pengolahan dan paduan bumbunya yang lain dari yang lain, menjadikanya soto ini menjadi cirikhas nikmatnya. Makanan yang asli berasal dari Solo ini,diolah kembali dengan takaran takaran yang pas dan nikmat, dan yang membuat soto blora menjadi khas karena Kletuk, kletuk adalah potongan potongan singkong yang sudah di kukuk terlebih dahulu,sehingga rasanya unik namun lezat.Daging ayam atau kambing yang digunakan mempunyai tekstur yang sangat lembut,serta kuah pada soto ini bening daan segar.
2. Sate Ayam Blora
5 Makanan Khas Blora, Jawa Tengah
Sate Ayam Blora ini memang sudah dikenal hampir seluruh Indonesia karena karena sate ini mempunyai ciri khas dan cita rasanya yang lezat, Sate blora ini mempunyai bumbu bumbu khas yang menjadikanya beda dengan yang lainya, soto blora ini juga sangat cocok dipadukan dengan nasi hangat ataupun lontong,ditambah dengan taburan bawang goreng yang menjadikanya soto ini ada rasa gurihnya.
3. Sate Kambing Blora
5 Makanan Khas Blora, Jawa Tengah
Di blora tak hanya sate ayam yang khas namun sate kambingnya juga merupakan makanan khas yang lezat, kelezatan sate kambing Blora ini tidak kalah dengan sate lainnya di daerah lain di indonesia, terbukti para wisatawan dari luar kota Blora sangat tertarik dengan sate blora ini, sate kambing khas blora ini juga mudah ditemui karena banyak orang yang menjual masakan ini.
4. Dumbeg
 Banner Dumbeg Rembang
Dumbeg ini merupakan jajanan khas Blora yang sudah terkenal. makanan ini biasanya hanya tersedia pada saat acara sakral digelar seperti tasyakuran sedekah bumi maupun sepasar manten. Makanan ini terbuat dari tepung nasi yang dibumbui dengan gula kelapa yang kemudian dibungkus menggunakan daun kelapa yang masih muda  ( blarak ) dengan cara dililitkan menyerupai kerucut. Dumbeg rasanya sangat khas. Namun yang paling khas dan menarik adalah aroma pembungkusnya yang terbuat dari daun kelapa. Karena mengalami proses pemanasan, maka bau daun tersebut tersebut meresap ke dalam makanan. Hal ini menimbulkan aroma yang khas.
5. Lontong Tahu
Lontong tahu ini merupakan makanan khas blora yang menjadi sasaran utama para pecinta kuliner yang datang ke Blora, makanan yang katanya suer murah meriah ini  memiliki rasa yang khas, juga berbeda dengan lontong tahu di daerah lain, hal ini disebabkan karena para penjual lontong tahu khas Blora hanya memakai satu kecap yang digunakan,dan kecapnya diproduksi di kota itu sendiri,sehingga terpadu antara bumbu bumbu lainnya, yang menjadikan nikmatnya lontong tahu ini.
Buat kalian-kalian yang dari luar blora, ingat kalau pergi ke blora untuk berwisata ataupun ke tempat sanak-saudara jangan lupa ntuk mencicipi makanan khas blora yang enak,dijamin bakal ketagihan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar